Temuan Dugaan Ketidaksesuaian Proyek Peningkatan Jalan Lingkungan Gang H. Sakem di Kabupaten Bekasi

Kabupaten Bekasi, kpksigap.com – 24 Agustus 2024 – Proyek peningkatan Jalan Lingkungan Gang H. Sakem yang terletak di Kampung Pule, RT 001/002, Desa Karanganyar, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi, menjadi sorotan setelah diduga tidak memenuhi spesifikasi teknis yang telah ditetapkan. Proyek ini, yang dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024 dengan nilai kontrak Rp 391.616.600,00, dikerjakan oleh CV Tambun Mandiri.

Ketua DPD LSM Prabhu Indonesia Jaya Kabupaten Bekasi, N. Rudiansah, menyampaikan hasil investigasi lapangan yang menunjukkan adanya ketidaksesuaian antara pelaksanaan proyek dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Temuan di lokasi pada saat pengecoran dengan secara langsung ditambahkan air dalam pengecoran maupun diatas mobil pok dan di setting di mobil molen mencakup dugaan bahwa kualitas beton yang digunakan terlalu encer sehingga dapat menyebabkan retakan. Selain itu, terdapat perbedaan tinggi papan bikisting 15 cm, dengan hasil pengukuran menunjukkan ketidaksesuaian sebagai berikut: sisi kiri 11 cm, sisi kanan 12 cm, dan sisi tengah 10 cm, sementara spesifikasi yang seharusnya adalah 15 cm.

Masih N.Rudiansah pada saat ketua konfirmasi salah satu diriver karna melihat beton yang sangat encer iya pun meminta tuk di iji slam namun sangat disangkan menurut salah satu driver teknisinya tidak ada saya cuma supir pak.Ungkapnya driver

Rudiansah menegaskan bahwa temuan ini menunjukkan bahwa proyek tidak sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditetapkan. “Kami meminta Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DISPERKIMTAN) Kabupaten Bekasi untuk segera melakukan evaluasi ulang terhadap kualitas pekerjaan ini. Proyek ini harus dikerjakan dengan baik dan sesuai standar, karena ini adalah uang rakyat yang harus dipertanggungjawabkan,” ujar Rudiansah.

LSM Prabhu Indonesia Jaya berharap agar pihak berwenang segera mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan bahwa proyek ini memenuhi standar yang telah ditetapkan dan memberikan hasil yang optimal sesuai dengan RAB.

Penulis:Hr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *