Aksi Demo Mahasiswa Didepan Gedung MPR/DPR Berjalan Dengan Lancar

Jakarta, KPKSigap.com –  Aksi Demonstrasi mahasiswa yang di gelar di depan gedung MPR/DPR , Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (22/8/2024) sore,
ingin aksi berjalan damai apabila polisi juga menyepakatinya. Dari informasi yang dihimpun dari beberapa  mahasiswa yang datang jauh lebih banyak. Setidaknya berkali-kali lipat dari awal. Sejauh ini sekitar 3.000-4.000 orang dari BEM SI, BEM UI dan kampus lainnya.
Adapun aksi demonstrasi ini dilakukan sejumlah elemen masyarakat sebagai reaksi atas revisi Undang-Undang Pilkada yang menganulir putusan Mahkamah Konstitusi.

Selain itu, para demonstran membawa poster berisi tuntutan mendorong KPU untuk tetap menjaga prinsip sebagai penyelenggara pilkada yang bermartabat, dengan berpegang teguh pada aturan hukum yang sudah ditetapkan pada putusan mahkamah konstitusi Nomor 60/PUU-XXI/2024 dan Putusan MK Nomor 70/PUU-XXII/2024.

Sebelumnya, Rabu (21/8), Badan Legislasi DPR RI dan pemerintah menyetujui untuk melanjutkan pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Keempat atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2016 atau RUU Pilkada pada rapat paripurna DPR terdekat guna disahkan menjadi undang-undang.

Sementara aksi demo tersebut dikoordinir BEM SI, BEM UI dan kampus lainnya dalam rangka merespon revisi UU Pilkada yang dilakukan oleh Panitia Kerja (Panja) revisi UU Pilkada Badan Legislasi (Baleg) DPR RI yang dinilai mengkhianati konstitusi.

(Rusli/Rizmayanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *