Alasan ? Harus Heri Martadinata dan Wahab Nawawi Untuk Pimpin Oku Selatan

MUARADUA,–kpksigap.com.Geliat Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kian ramai dan melewati tahap demi tahap secara beraturan hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Seperti hal nya di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan) hiruk pikuk serupa tentunya tidak terlepas dari sorotan dan pengamatan semua pihak yang ingin mengetahui siapa saja yang bakal maju sebagai Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) untuk melanjutkan tapuk estapet kepemimipinan Kabupaten berjuluk Serasan Seandanan ini.

Sederet nama telah bermunculan yang bakal berpasangan pada Pilkada Oku Selatan, namun yang sedikit menonjol di masyarakat yakni pasangan Heri Martadinata yang berpasangan dengan Wahab Nawawi (HW) sebab bagi sebagaian masyarakar tentu nya kedua sosok tersebut sangat tidak asing karena latarbelakang kedua sangat mirip berasal dari Politisi mempuni dalam merebut suara rakyat.

Namun begitu awak media  ingin mengulik lebih jauh akan kekuatan kedua pasangan Cakada ini dari seorang Rusli Nawi (Budayawan) yang menjelaskan bahwa HW pasangan yang pas dan cocok dengan kultur budaya masyarakat yang dinilai hingga saat ini masih menjunjung tinggi adat istiadat daerah ini.

Rusli sapaan akrabnya ini mengungkapkan akan sejarah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan merupakan hasil pemekaran dari wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu yang diresmikan dengan UU No.37 Tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003. Kabupaten ini diresmikan pada 16 Januari 2004 di Muaradua, ibu kota dari Kabupaten OKU Selatan.

Sebagai Kabupaten yang baru beranjak dewasa kata Rusli, dengan topografi wilayah yang hampir dikelilingi berbukit-bukit, beragam suku suku serta kebiasaan kebersaman dari suatu kelompok, perilaku dan aturan aturan diterapkan merupakan adat istiadat masyarakat Oku Selatan,

“Dengan keadaan tersebut dibutuhkan sosok pemimpin yang berpikir secara luas ,mempunyai kekuatan politik secara luas hal itu untuk melanjutkan roda pemerintahan yang stabil sehingga terciptanya kestabilan dalam posisi eksekutif dan legislatif, ” Kata Rusli Nawi.

Dijelaskan nya juga bahwa Figur Heri Martadinata dan Wahab Nawawi menjadi sosok yang ideal untuk memimpin Kabupaten Oku Selatan kedepannya.

“Mengingat, keduanya merupakan bukan orang baru dalam politik keduanya terlahir dari pimpinan sama sama pernah Ketua DPRD Kabupaten Oku Selatan, “sambungmya.

Seperti diketahui, Heri Martadinata terlahir dari seorang anggota DPRD hingga puncak karirnya di tahun 2019-2024 menjadi ketua DPRD Oku Selatan. Begitu pun  Wahab Nawawi pernah menjadi Anggota DPRD Kabupaten, Ketua DPRD Kabupaten Oku Selatan tahun 2004 – 2009, anggota DPRD Provinsi Sumatera Selatan dengan karier di pemerintahan sebagai penyelenggara dan pengawasan untuk merumuskan kebijakan bagi masyarakat luas demi terwujudnya kemajuan daerah.

Rusli berkeyakinan bahwa pasangan HW akan mampu merebut hati rakyat, sebab Rakyat sangat merasakan sendiri apa yang telah dicapai Bupati Popo Ali Martopo selama 2 (dua) periode, hal ini tak tetlepas peran Heri Martadinata selaku ketua DPRD Kabupaten Oku Selatan.

“HW ini pastinya akan sejalan  dengan apa yang telah dipebuat Bapak Popo Ali Martopo di masa kepimpinan dengan  pencapaian tentang pembangunan hal ini tak tetlepas peran Heri Martadinata selaku ketua DPRD Kabupaten Oku Selatan dengan menjadikan sektor pariwisata berkembang, UMKM berjalan, pembangunan puskesmas puskesmas dan rumah sakit dengan skala tipe A telah diprioritaskan,” kata Rusli membeberkan.

Masih dalam pengamatan Rusli Nawi bahwa berhasil nya Bupati H Popo Ali Martopo ini dapat dilihat dari kebutuhan yang ada di masyarakat termasuk kebutuhan infrastruktur termasuk di dunia pendidikan.
Bangunan bangunan sekolah baik tingkat SD dan SMP telah membaik , insfrastruktur jalan, jembatan dan talud telah terealisasikan,
Program bansos PKH bagi masyarakat dan KIP bagi anak anak sekolah , bedah rumah hingga perencanaan tata ruang kota dengan aspek mengedepankan kepentingan masyarakat akan kota yang indah dan rapi

Tambahi lagi hadirnya event event seperti Grangondo,JASS dan Gabe merupakan geliatnya pariwisata dan UMKM

Sektor Olahraga terus akan dikembangkan Heri Martadinata mengingat dirinya Ketua Voli Oku Selatan dirinya akan membangun Gedung Voli skala Nasional kedepannya serta cabang olahraga lainnya alhamdulillah stadion sepak bola Oku Selatan sudah mempunyai tinggal pembina atlet yang akan terfokus

Diakhir perbincangan dengan Budayawan, Rusli Nawi ditanya akan pendapatnya supaya pemerintahan kedepan berjalan dengan baik tentu nya tidak terlepas dari sinergi dan dukungan yang ada dari legislator daerah tersebut.

“Kita tidak boleh melupakan berjalannya pemerintahan yang baik adanya dukungan kuat dari DPRD selaku pengesah dan pengawasan Kepala Daerah (Bupati) dan H dan W ini kan bukan orang baru bahwa dengan pucuk pimpinan sebagai Ketua DPR Heri Martadinata mempunyai kursi tertinggi di DPRD Kabupaten Oku Selatan hal ini menguatkan rencana rencana kebijakan Pemerintah Daerah akan berjalan dengan baik sesuai dengan aspirasi masyarakat Oku Selatan, “kata Rusli.

Dan menambahkan, “Jika pasangan HW la program program yang menyentuh rakyat kecil itu akan berjalan dengan baik sejalan dengan cita cita terbentuk nya Kabupaten Oku Selatan, “tutup nya.(tem./Andi Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *