Gelar Simulasi Sispamkota Polres OKU, Siap Amankan Pilkada Serentak 2024 Mendatang

OKU. Baturaja,- kpksigap.com. Ratusan massa yang tergabung dalam Masyarakat Peduli Demokrasi, mendatangi Hotel The Wong yang sedang berlangsung rapat pleno KPU Kabupaten OKU.

Pasalnya, masa menuntut keadilan karena tidak menerima hasil rapat pleno yang disinyalir curang dan syarat kepentingan serta berpihak terhadap salah satu calon kepala daerah.

Meski perwakilan masa telah diizinkan dan dikawal pihak kepolisian, namun di dalam ruangan pleno, salah satu masa terlihat mendekati Ketua KPU dan hendak memukul wajahnya.

Beruntung aksi kekerasan tersebut dapat dihentikan oleh personel Polres Kabupaten OKU, dan kemudian masa pergi meninggalkan ruangan sambil mengancam akan kembali dengan masa yang lebih banyak.

Pantauan di lokasi kejadian, Kamis (22/8/2024), sekitar pukul 10.30 WIB, terlihat ratusan masa tambahan datang dengan mengendarai mobil pickup dan bergabung dengan ratusan masa yang ada di depan Hotel The Wong Baturaja.

Kemudian Kedatangan masa itu langsung dihadang oleh ratusan personel gabungan Polres OKU dan Satuan Brimob. Dikarnakan masa bertindak anarkis dengan melempar polisi menggunakan air mineral dan membakar ban bekas, personel terpaksa bertindak tegas.

Dan tampak beberapa orang pendemo terkapar akibat terkena semprotan air dari mobil water canon dan tembakan gas air mata. Sehingga, para masa berhasil dipukul mundur hingga ke depan city mall.

Terbakar emosi, masa kembali bertindak anarkis dengan merusak sejumlah fasilitas umum, sehingga personel yang dipimpin langsung oleh Kapolres OKU tersebut, kembali mengambil tindakkan tegas dan berhasil mengamankan sejumlah pengunjuk rasa. Sedangkan masa yang lainnya langsung membubarkan diri.

Inilah rangkaian dari latihan simulasi Sispam Kota Operasi Mantap Praja Musi 2024 yang digelar Polres OKU di halaman terminal Baturaja.

Kapolres OKU, AKBP Imam Zamroni menjelaskan, melalui latihan simulasi Sispam Kota ini, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan profesionalisme personel Polri dan instansi terkait dalam menghadapi aituasi kotijensi pada pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di wilayah Kabupaten OKU.

“Kegiatan latihan Sispam Kota ini dilaksanakan dengan tujuan mendapatkan pengalaman visi misi yang sama antara Polri dan seluruh instansi terkait lainnya. Sehingga, jika ada keadaan urgensi bisa memiliki kesamaan persepsi,” tegas Kapolres usai simulasi.

Kapolres merincikan, kegiatan simulasi ini melibatkan 425 personel gabungan dari Polres OKU, Satbrimob, Satpol PP, Dishub, KPU, Damkar dan instansi terkait lainnya.

“Semoga dengan diadakannya simulasi ini, semua personel dan instansi terkait lainnya dapat memahami tugas serta fungsinya masing-masing. Sehingga dapat dijalankan dengan profesional,” pungkasnya.

RED- ESK/ ASF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *