Pemda Rohul Gelar Upacara HUT RI ke 79 dengan Tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”

Rokan Hulu – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar upacara bendera di halaman Kantor Bupati, Sabtu (17/08/2024).

Upacara ini mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju” dan dilaksanakan secara serentak dengan upacara yang berlangsung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup).
Dalam upacara tersebut, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra, ST, M.Si membacakan Teks Proklamasi. Petugas pelaksanaan upacara terdiri dari Kapten Inf Mawardi sebagai Perwira Upacara dari Danramil 08 Tandun dan Kapten Inf Lilik Haryono sebagai Komandan Upacara dari Danramil 11 Tambusai.

Upacara diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan instansi, termasuk anggota Denpom 1/3 Pekanbaru, jajaran TNI, Polres Rohul, Pol PP dan Damkar, ASN, PGRI, mahasiswa, pelajar, dan organisasi pemuda. Pengibaran Bendera Merah Putih dilakukan oleh Letda Inf Sutrisno dari Kompi Bantuan Yonif 132 Bima Sakti dan delapan petugas lainnya, termasuk siswa dan anggota Polri yang bertugas sebagai pengapit dan pembawa bendera.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan pemberian tali asih kepada veteran Rokan Hulu, Pak Jabal dari Desa Muara Musu Kecamatan Rambah Hilir. Selain itu, diberikan juga Satya Lencana Karya Satia secara simbolis kepada beberapa penerima, yaitu kategori 30 tahun kepada Asisten 1 H. Fhatanalia Putra dan Sekwan H. Sariaman, kategori 20 tahun kepada Ibu Trisnawati Kepala SDN 1 Tandun, serta kategori 10 tahun kepada Boy Arta, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Rohul.

Total penerima Satya Lencana Karya Satia sebanyak 97 orang.Dalam wawancaranya usai upacara, Bupati H. Sukiman mengajak generasi muda untuk bersatu dan membangun Indonesia serta daerah masing-masing dengan semangat gotong royong, tanpa membedakan suku, agama, ras, atau golongan.

Menurutnya, semua adalah saudara dalam sebangsa dan setanah air.Upacara HUT RI ke-79 juga dihadiri oleh Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, Kejari Rohul Fajar Haryowimbuko, Kepala PN Rohul Roni Suata, Sekda Rohul Muhammad Zaki, Kemenag Rohul Zulkifli Syarif, Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Ketua GOW Hj. Sri Yulita Indra Gunawan, veteran Rohul Jabal, serta pejabat eselon II dan tamu undangan lainnya. ( Das)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *