PASURUAN/ purwosari jawatimur upacara bendera, untuk mengenang perjuangan para pahlawan bangsa dalam membawa kemerdekaan, di Jawa dan daerah daerah lainnya selalu menggelar malam tirakatan.

Jawa timur, kpksigap.com
Kegiatan berkumpulnya Masyarakat untuk merenung dan berdoa sekaligus mensyukuri kemerdekaan ini sudah menjadi tradisi masyarakat mulai lampau.

Tak mau ketinggalan Dusun Gutean, Desa Karangrejo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan khususnya Rt 001, Rw 001 dengan berboyong boyong berkumpul di pertigaan jalan, melaksanakan malam Tirakatan.

Acara tersebut di gagasi oleh Ketua Rt 001 bernama Slamet guna mengenang serta mendoakan para pahlawan yang telah gugur dimedan perang.

“Alhamdulillah warga Rt 001 setelah sholat Magrib  melaksanakan doa bersama, yang pada umumnya doa surat yasin dan tahlil dikirimkan pada pejuang yang telah gugur di medan perang, ” Ucap Sutarji salah satu warga Rt 001

Pria yang juga seorang Aktivis ini menyampaikan,” semoga para pahlawan yang didoakan mendapat safaat kanjeng nabi besar Muhammad SAW dan diterima disisi Allah SWT.  Tadi dalam pembacaan doa dipimpin oleh bpk ust Slamet selaku Ketua Rt 001.

“Biasanya warga akan berkumpul dengan membawa berbagai makanan dan minuman, hingga tumpeng sebagai bentuk Syukur atas kemerdekaan yang sudah dinikmati. Malam tirakatan 17 Agustus merupakan tradisi wajib bagi masyarakat Indonesia. Khususnya Masyarakat yang ada di Pasuruan tak terkecuali Dusun Gutean ini, ” tambahnya

Menurut Sutarji momen kemerdekaan ini adalah sakral maka juga harus disertai doa dan renungan bagaimana masyarakat kita saat itu melakukan tirakat dalam melawan penjajah,” pungkasnya

RED- KPK SIGAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *