Ratusan Ribu Masyarakat Muba Bergantung Hidup Pada Sumur Minyak Tradisional

MUBA, kpksigap.com – Musi Banyuasin yang merupakan Salah satu daerah Di Provinsi Sumatra selatan yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Minyak Bumi, Batu bara Dan Hasil perkebunan yang melimpah maka layak jika Kabupaten Musi Banyuasin ini dikatakan Kabupaten yang memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Salah satu sumber daya alam musi banyuasin yaitu tambang minyak tradisional dimana ribuan bahkan ratusan ribu jiwa masyarakat muba bergantung mata pencahariannya di minyak bumi. Terdata Sumur minyak ilegal di kabupaten Musi Banyuasin mencapai 10 ribuan sumur.

Hampir 50 Persen masyarakat muba berjuang menggantungkan hidup pada tambang minyak tradisional tersebut yang tersebar dibeberapa kecamatan di kabupaten musi banyuasin.dengan adanya aktifitas tersebut memperbaiki roda perekonomian di kabupaten Musi Banyuasin.

Beberapa waktu lalu sebanyak 72 sumur ilegal di Desa Parung Kecamatan Sungai lilin telah ditertibkan Sub Satgas Gakkum Illegal Drilling dan Illegal Refinery. Hal ini menimbulkan pertanyaan masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya.

Ketua IWO Muba Riyansyah Putra SH mengatakan, Pihaknya mempertanyakan kepada pihak terkait bagaimana solusi terkait penertiban sumur minyak ilegal yang ada di kabupaten musi banyuasin.

“Seperti kita ketahui, di kabupaten musi banyuasin ini ribuan sampai ratusan jiwa masyarakat musi banyuasin bekerja dan bergantung hidup pada sumur minyak tradisional, jika penertiban ini terus dilakukan bagaimana solusinya untuk masyarakat terdampak,” kata Riyan.

Adanya Penertiban sumur minyak ilegal  pastinya ratusan ribu masyarakat Musi Banyuasin akan kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. Hal ini juga akan memberikan peluang tingkat kejahatan yang semakin tinggi.

“Sangat disayangkan ratusan ribu masyarakat muba akan kehilangan mata pencaharian mereka jika sumur minyak yang dikelola masyarakat ditertibkan. Akibatnya pula tingkat kejahatan semakin meningkat,” jelasnya.

Ia menambahkan, dampak adanya sumur minyak tradisional, roda perekonomian musi banyuasin yang meningkat drastis. Maka dirinya akan terus menyampaikan pada pihak terkait untuk segera memberikan solusi penertiban sumur minyak ilegal.

“Roda perekonomian muba meningkat drastis dengan adanya sumur minyak tradisional masyarakat muba, kami karena itu kami minta pihak terkait segera mencarikan solusi masalah ini,” tukasnya

(Toding)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *