KAPOLRI Melakukan Pencerahan dan Mutasi Di Tubuh POLRI*.

JAKARTA-,kpksigap.com – Kini di pertengahan Juli tahun  2024 ini  petinggi nomer satu di jajaran kepolisian ,Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. belum lama ini telah melakukan mutasi dan sebanyak rotasi 157 perwira tinggi (pati) dan termasuk perwira menengah (Pamen).

Rilis yang di siarkan langsung , Kapolri mengangkat sebanyak enam Kapolda sebagai langkah penyegaran organisasi di jajaran kepolisian Republik Indonesia.

Dengan melakukan Mutasi para pati dan termasuk pamen tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh As-SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo pada Jumat 26 Juli 2024. Enam pati yang dipromosikan sebagai Kapolda adalah Irjen Pol Hendro Pandowo dengan jabatan lama Sahli Sosbud .

Kini Kapolri. Mutasikan juga Mantan Wakapolda Metro Jaya ini diangkat sebagai Kapolda Bangka Belitung (Babel).

Dan pengangkatan telah di lakukan menggantikan Irjen Pol Tornagogo Sihombing yang mendapatkan penugasan di luar struktur Polri. Selanjutnya Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan. Koorsahli Kapolri ini akan memegang tongkat komando sebagai Kapolda Maluku. Ia menggantikan Irjen Pol Lotharia Latif yang akan mengemban tugas di luar struktur.

Kemudian Brigjen Pol Ribut Hari Wibowo yang saat ini menjabat Karobinkar SSDM Polri. Dirinya dipromosikan untuk menjadi Kapolda Jawa Tengah menggantikan Irjen Pol Ahmad Lutfi yang mendapat penugasan pada Kementerian Perdagangan.

Tongkat komando Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Aditya Jaya juga akan diserahkan kepada Irjen Pol Hari Sudwijanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsabhara Baharkam Polri. Sementara Irjen Pol Daniel akan mengisi jabatan sebagai Kapolda Bali untuk menggantikan Irjen Pol Ida Bagus KD Putra Narendra yang memasuki masa pensiun.

Pencerahan di jajaran lingkungan Kepolisian republik Indonesia RI , Kepolisian Jenderal Polisi Listyo Sigit juga memberikan promosi kepada Brigjen Pol Anwar. Karowatpres SSDM Polri ini mendapat kepercayaan untuk menjabat Kapolda Bengkulu menggantikan Irjen Armed Wijaya yang dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Pidum Bareskrim Polri.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko membenarkan adanya mutasi dan rotasi di tubuh lingkungan Polri.

Dalam keputusan itu, Irjen Pol Ahmad Luthfi yang mulanya menjabat Kapolda Jateng dimutasi sebagai Pati Itwasum Polri penugasan sebagai Irjen Kemendag.

Posisi Kapolda Jateng itu kini diisi oleh Brigjen Ribut Hari Prabowo yang sebelumnya Karo Binkar SSDM Polri. Kemudian, posisi yang ditinggalkan Ribut itu digantikan oleh Kombes Pol Langgeng Purnomo.

Kemudian, Irjen Pol Daniel Adityajaya kini menjabat sebagai Kapolda Bali menggantikan Irjen Pol Ida Bagus KD Putra Narendra yang memasuki usia pensiun.

Jabatan Kapolda Kaltara yang ditinggalkan Daniel pun digantikan oleh Irjen Pol Hary Sudwijanto yang sebelumnya merupakan Kakorsabhara Baharkam Polri.

Kakorsabhara Baharkam Polri diisi Irjen Mulia Hasudungan Ritonga yang sebelumnya menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama TK I Sempim Lemdiklat Polri.

jabatan yang ditinggalkan Mulia akan diisi oleh Wakapolda Kalimantan Tengah (Kalteng) Brigjen Mohamad Agung Budijono.

Kemudian, Brigjen Anwar yang mengemban jabatan baru sebagai Kapolda Bengkulu.

Brigjen Rakhmad Setyadi yang sebelumnya Karokermaluhkum Divkum Polri kini menjadi Wakapolda Kalteng.

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M Napiun bertukar posisi dengan Wakapolda Maluku Utara Brgjen Pol Samudi.

Kombes Pol Aries Syahbudin yang diangkat menjadi Kabagops Korlantas Polri.

Selain itu juga  ada jabatan baru Kombes Pol Muh. Dwita Kumu Wardana yang mengemban jabatan baru sebagai Karo SDM Polda Metro Jaya.

Kapolri juga melakukan pencerahan dengan menunjukan memutasi sejumlah kapolres di antaranya AKBPFadli Agus, jabatan lama Kapolres Karimun diangkat menjadi Wakapolresta Balerang. Posisinya digantikan oleh AKBP Robby Topan Manusiwa

AKBP Robby Topan Manusiwa, jabatan lama Kapolres Lingga dimutasi menjadi Kapolres Karimun. Posisinya digantikan oleh AKBP Apri Fajar Hermanto. AKBP Muhammad Purbaja, jabatan lama Kapolres Demak diangkat menjadi Wadirlantas Polda Jateng. Posisinya digantikan oleh AKBP Ari Cahya Nugraha.

AKBP Apri Fajar Hermanto, jabatan lama Kapolres Kepulauan Anambas diangkat jabatan baru menjadi Kapolres Lingga.

Posisinya digantikan oleh AKBP Raden Ricky Pratidiningrat. Kemudian AKBP Yusep Dwi Prastiya, jabatan lama Kapolres Paser diangkat menjadi Kabagbinkar Ro SDM Polda Kaltim. Posisinya digantikan AKBP Novy Adi Wibowo.

Menurutnya, hal ini sudah biasa di lingkungan Korps Bhayangkara untuk meningkatkan kinerja anggota.
“Mutasi dan rotasi adalah proses alamiah di organisasi dalam rangkat meningkatkan kinerja, tour of duty of area,” kata Brigjen Pol Trunoyudo dalam keterangan ininya, Kamis (31/07/2024). Dalam hal tersebut di benarkan ada pencerahan di lingkungan Kepolisian RI yang sudah terbiasa di ungkapkan
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko kepada Reporter KPK Sigap dalam jumpa Pers.

( Jonathan Sigar )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *