Diskes Rohil Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor, Advokasi dan Sosialisasi Pelaksanaan PIN Polio 2024

Rokan Hilir (Riau) kpksigap.com –
Dinas Kesehatan Rokan Hilir menggelar rapat koordinasi lintas sektor, advokasi sekaligus sosialisasi pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2024, Rabu (17/7/2024) di aula rapat Kantor Dinas Kesehatan Rohil Jalan Lintas Pesisir Batu Enam Bagansiapiapi Rohil Provinsi Riau.

Rapat koordinasi dan sosialisasi yang dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Rohil, Ners. Afrida, S.Kep, SKM, M.Kes tersebut juga di dampingi Nara Sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau Septin Alrini dan Perwakilan WHO Dewi Ayu Kusuma Wardani, MPH.

Afrida dalam penyampaiannya mengatakan bahwa rapat koordinasi ini untuk membahas langkah-langkah serta aktifitas yang akan dilaksakan oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas, Posyandu Dinas terkait maupun lintas sektor sebelum hari pelaksanaan PIN Polio serentak yang akan dilaksanakan pada Tanggal 23 Juli 2024 secara Nasional yang pelaksanaan dipusatkan di Papua.

Afrida mengatakan bahwa upaya untuk menginformasikan kepada masyarakat terkait program Pekan Imunisasi Nasional Polio ini sudah di informasikan melalui kerjasama dengan Dinas Kominfo, Dinas Pemerintahan Masyarakat Kepenghuluan, Dinas Pemberdayaan perempuan, Puskesmas Se-Kabupaten Rokan Hilir, Ibu penggerak PKK, Kader Posyandu serta Dinas Pendidikan.

Adapun target yang akan dicapai pada pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio tahap II ini dikatakan Afrida sekitar 95 persen dari sasaran yang ada yaitu anak bayi sampai usia 7 Tahun.

” Untuk mencapai target 95 persen sasaran pelaksanaan PIN Polio ini, Dinas Kesehatan Rohil telah melakukan koordinasi dengan lintas sektor, Dinas terkait seperti Dinas Kominfo untuk memberikan support dalam hal memberikan informasi kepada masyarakat melalui spanduk, iklan, pemberitaan, medsos, Videotron dan Vidcom pada saat melakukan sosialisasi,” kata Afrida.

Lanjutnya,” selain itu kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Rohil untuk mensosialisasikan kepada seluruh sekolah yang ada terkait pelaksanaan PIN Polio ini yang dimulai pada tanggal 23 Juli akan datang. Begitu juga Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, Tim Penggerak PKK dari mulai tingkat Kabupaten sampai pedesaan serta seluruh puskesmas dan Posyandu yang ada turut berperan aktif mensosialisasikan pelaksanaan PIN Polio ini,” jelasnya.

Diskominfo melalui Kabid IKP Diskominfotik Rohil Juni Rahmat dalam rapat menyampaikan bahwa dari Diskominfotik Rohil siap membantu dalam mensukseskan kegiatan PIN Polio dengan menurunkan tim untuk mensosialisasikan pelaksanaan PIN tersebut dengan menebar baliho, pemberitaan, medsos maupun pelaksanaan sosialisasi dengan menyediakan video tron maupun pelaksanaan zoom meeting.

Sementara dari beberapa Puskesmas yang ada juga telah melakukan sosialisasi dengan menyampaikan oar-oar keliling Desa serta memasang brosur di setiap Posyandu yang ada.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi yang berkaitan dengan upaya pencapaian pelaksanaan PIN Polio dengan mendatangkan Nara Sumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau Septin Alrini dan Perwakilan WHO Dewi Ayu Kusuma Wardani, MPH.

Hadir pada acara Kadiskes Rohil Ners. Afrida, S.Kep, SKM, M.Kes, Perwakilan OPD, Sekretaris Diskes,
Kabid IKP Diskominfotik Rohil Juni Rahmat, Korwil, Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Rokan Hilir, Perwakilan Kemenag Rohil serta para Kabid dan Kasi di jajaran Dinas Kesehatan Rohil.

Usai rapat dan sosialisasi, Kadiskes Rohil, Ners. Afrida, S.Kep disusul Kabid IKP, Juni Rahmat beserta perwakilan Dinas lainnya serta kepala puskesmas dan lintas sektor bubuhkan tanda tangan komitmen bersama sukseskan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional Polio Tahun 2024.

Sumber : Diskominfotiks Rokan Hilir.

Editor : Syaipul Bahri (Kaperwil Prov Riau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *