Kehadiran PT. SKA Di Sei Kuning untuk meningkatkan program ekonomi daerah

Rokan Hulu (Riau) kpksigap.com –
Kehadiran pabrik kelapa sawit PT. Sumatera Karya Agro(SKA) didesa Sei Kuning Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu merupakan program pemerintah dalam meningkatkan ekonomi Daerah.

Hal itu disampaikan oleh Efendi selaku Tokoh masyarakat desa Sei Kuning yang hadir dalam undangan Pemdes Sei Kuning terkait tanggapan Land Aplikasi(LA) yang hanya dianggap segelintir orang berbahaya, Acara digelar di Aula desa Sei Kuning,”Pada hari Senin 15/7/2024.

“Datang dan masuknya investor ke Desa ini merupakan salah satu program Pemerintah untuk meningkatkan ekonomi daerah dan menunjang kesejahteraan masyarakat, terutama masyarakat Tempatan yang bersinggungan langsung dengan dampak positif mau pun negatif atas beroperasi perusahan tersebut.” Ujar Efendi.

Lebih tegas dia mengatakan, bahwa sebelum pabrik itu dibangun telah ada penolakan dari masyarakat, namun ada oknum yang melancarkan semua program tersebut, termasuk pelepasan lahan, izin dan kegiatan konsultasi Publik(KP).

Lebih lanjut Efendi yang tidak asing bagi masyarakat sekitar dia juga dikenal masyarakat akrab dengan para pejabat – pejabat Rokan Hulu itu menghimbau dan meminta agar masyarakat legowo dengan adanya PKS tersebut berdiri.”Himbaunya.

Jika kita ulas kembali cerita peristiwa ini kebelakang bahwa di dusun III desa Sei Kuning pernah ada upaya untuk menutup perusahan itu, upaya itu telah dilakukan sejak awal namun tidak berhasil karena orang yang membantu berdirinya PKS itu juga masyarakat desa itu sendiri.

Jadi kata Efendi saya mengajak seluruh masyarakat menyudahi pro kontra itu apalagi penolakan Land Aplikasi(LA) yang saya nilai hanya keinginan segelintir orang beralasan dapat merusak lingkungan, sementara kita ketahui secara seksama penyampaian Dinas Lingkungan Hidup apabila IPAL(Instalasi Pengolahan Air Limbah) baik dan sesuai prosedur air limbah yang dialirkan ke Land Aplikasi(LA) dapat meningkatkan produksi tanaman sawit.

Harapan kita semua semoga saja kedepan PT. SKA dapa memberikan peluang bagi masyarakat tempatan untuk bekerja di Pabrik Minyak tersebut agar bisa mengurangi pengangguran untuk supaya masyarakat terbantu dalam mencari nafkah hidupnya sehari – hari,dengan demikian akan tercipta kondusifitas serta dapat mengurangi kecemburuan sosial ditengah tengah masyarakat terhadap kehadiran perusahaan.”Himbaunya.

Editor : Syaipul Bahri (Kaperwil Prov Riau)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *