Acara pembukaan POS GIZI SEHATI 1 (Sehat Bahagia Atasi Stunting)

Tangerang.-kpksigap.com
Di adakan oleh Pengurus Posyandu, PKK, dan Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kelurahan Batujaya serta Tim Kesehatan dari PUSKESMAS Kelurahan Batusari di kampung Jimpitan Rt 003 RW 003 Kelurahan Batujaya Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang. Pada Senin 15 Juli 2024

Pos Gizi merupakan metode intensifikasi pemberian makanan bergizi yang bertujuan untuk mengembalikan anak dari status gizi kurang menjadi normal kembali. Pos Gizi merupakan kombinasi antara Pos Gizi dengan konsep Positive Deviance (PD) dan SEHATI (Sehat Bahagia Atasi Stunting).

Kegiatan ini berbentuk sebagai wadah dan tempat dimana para ibu yang sedang memiliki anak pada usia 1000 hari pertama dapat berkumpul dan berbagai ilmu dan pengalaman pada satu sama lain maupun pada kader posyandu, PKK serta Tim Pendamping Keluarga (TPK). Tim kesehatan Puskesmas Kelurahan Batusari dr. Achmad Rani Miftah menyampaikan ” Pemenuhan gizi yang baik dan seimbang sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak balita. Pemenuhan gizi tersebut tentu memiliki alasan yang baik dan sangat penting bagi anak balita agar Pertumbuhan dan perkembangan mereka optimal”. Ujarnya.

H. Tuhpatul Ahwazi, S. I. P selaku sekretariat Kecamatan Batuceper menambahkan ” Saya sangat berterima kasih kepada Tim kesehatan puskesmas kelurahan Batusari, Kader Posyandu, PKK dan Tim Pendamping Keluarga (TPK) kelurahan batujaya yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini. Mengingat penyebabnya sangat kompleks, penanganan kurang gizi memerlukan kerjasama yang komprehensif dari semua pihak bukan hanya oleh petugas medis, namun juga pihak orangtua, keluarga, pemuka agama dan pemerintah. Salah satu cara yang mungkin cukup potensial yaitu melalui pemberdayaan dan pembelajaran masyarakat melalui kelompok sosialnya”. Tambahnya.

Ketua PKK kelurahan Batujaya Iis Mawaddah dalam penyampaiannya ” Kegiatan pos gizi ini dilaksanakan karena untuk mengenalkan manfaat gizi penting bagi anak-anak agar mereka mengetahui kandungan yang terdapat dalam makanan dan memberikan edukasi kepada ibu ibu balita mengenai makan yang bergizi seperti telur susu sayur dengan ibu balita dengan rutin datang ke Posyandu, tumbuh kembang anak selama masa keemasannya 0-5 tahun akan terpantau dengan baik
Nutrisi yang cukup dan seimbang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif yang optimal. Nutrisi yang cukup juga dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat untuk melawan penyakit dan infeksi. Perkembangan sistem kognitif juga akan membantu kecerdasan dan kemampuan belajar anak”. Tuturnya.

Turut hadir dalam kegiatan acara pos gizi ini, Sekretariat Kecamatan Batuceper H.Tuhpatul Ahwaji,S.I.P. Lurah Batujaya Sulthon, S.H.I. Pengurus Posyandu dan PKK kelurahan Batujaya. Ketua pengurus kampung jimpitan Slamet Hariyanto,S.E. Tokoh Pemuda Ginanjar Dan semua masyarakat lingkungan sekitar.

(Burhanudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *