PJ WALIKOTA TANGERANG HADIRI KEGIATAN URBAN FARMING DI KAMPUNG JIMPITAN BATUCEPER TANGERANG.

Tangerang – KPKsigap.com

PJ (Pejabat) Walikota Tangerang Dr. Nurdin, S. Sos., Bersama Kepala Dinas Pangan kota tangerang Mudhorun. Ap, Dandim 05/06 Tangerang Letnan Kolonel Aris Sutrisno, S. I. P., Danramil 02 Batuceper, Rohani, S. I. P., Camat Batuceper H. Mulyani. S. I. P Lurah Batujaya Sulthon, S. H. I., Lurah Sekecamatan Batucepe, Pengurus kampung jimpitan Slamet Hariyanto. SE., serta perwakilan 33 sekolah menengah pertama (SMP) dan masyarakat lingkungan warga kampung Jimpitan Rt 003 RW 003 Kelurahan Batujaya Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang. Pada Kamis 04 Juli 2024.

Urban farming atau urban agriculture adalah kegiatan budidaya tanaman atau memelihara hewan ternak di dalam dan di sekitar wilayah kota besar (metropolitan) atau kota kecil untuk memperoleh bahan pangan atau kebutuhan lain dan tambahan finansial. Termasuk didalamnya pemprosesan hasil panen, pemasaran, dan distribusi produk hasil kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Pangan Kota Tangerang, Mudhorun. Ap, menyampaikan Urban Farming ini untuk memicu perkembangan sebagai respon dari banyaknya masalah yang berkaitan dengan kehidupan di perkotaan. Yakni, semakin berkurangnya lahan pertanian karena pembangunan. ” Perlu di ketahui kita memiliki 119 KWT yang ada di wilayah kota tangerang ini, dengan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang pertanian memanfaatkan peluang dengan mengoptimalkan potensi sumber daya sekitar. Tujuannya adalah membudidayakan tanaman sayuran pada lahan terbatas dan terlantar secara maksimal. Beberapa contoh penerapan pertanian Urban yang dapat dilaksanakan pada pekarangan rumah, antara lain hidroponik, polybag, vertikultur, dan memanfaatkan rooftop dan kita juga memberika Bibit cabai untuk di budidayakan di sekolah-sekolah ataupun di kalangan masyarakat”. Ungkapnya.

PJ ( Pejabat) Walikota Tangerang, Dr. Nurdin, S. Sos., M. Si. Dalam sambutannya sangat mengapresiasikan kepada Masyarakat kampung jimpitan yang berada di kelurahan Batujaya kecamatan Batuceper ini. Yang mana perkembangan dan antusias sangat pesat dilakukan oleh pengurus kampung jimpitan dan warga sekitar dalam membangun kreativitas dan inovasi wilayah sekitar. ” Kegiatan urban farming ini sangat menarik, walaupun dengan kondisi yang ada masih bisa memanfaatkan sampai sekarang ini. Tak lain juga kontribusi masrakat yang antusias saling membahu dalam urban farming ini. Saya juga mendorong terus kepada masrakat terutama dinas LH untuk selalu mengembangkan pengelolaan sampah agar lingkungan kita khususnya kota tangerang ini lebih bersih, indah dan memiliki daya tarik itu sendiri”. Tuturnya

Letnan Kolonel inf Ari Sutrisno, S. I. P selaku Dandim 05/06 Kota Tangerang mengatakan. Dalam penugasannya yang baru ini khusus untuk di wilayah Kota Tangerang, sangat bangga bisa hadir dalam acara ini. ” Saya berterima kasih kepada bapak PJ walikota, pak camat Batuceper, pak lurah Batujaya, pengurus Kampung Jimpitan serta warga setempat yang telah mempersilahkan saya untuk hadir dalam kegiatan Urban Farming ini. Saya juga sangat apresiasi. kedepan bisa menjalin kerjasama antara pemerintah dan warga masyarakat yang ada di kota tangerang ini. Dan saya juga Mengajak masyarakat untuk memperdayakan lingkungan setempat baik dari pertanian, perikanan atau yang lainnya”. Ujarnya

Dalam hal ini Slamet Heriyanto selaku pengurus kampung jimpitan menambahkan dalam sambutannya. ” Saya berterima kasih kepada Bapak PJ Walikota, Pak kepala Dinas Pangan kota tangerang, pak camat batuceper, Pak Dandim 05/06, pak lurah Batujaya, serta Bapak Lurah sekecamatan Batuceper yang sudah hadir dalam acara Urban Farming dan penyerahan Bibit cabai ini. Dari pada itu kami sebagai pengurus Kampung jimpitan ini selain dalam pertanian kami juga menyediakan kegiatan perikanan, bank sampah, dan limbah lainnya. Dan mudah-mudahan ini bisa menjadikan lebih bermanfaat lagi untuk masyarakat sekitar atau pun dari instansi dan lembaga-lembaga yang ingin mengembangkan serta membudidayakan kegiatan seperti ini. Dan kita juga mengadakan Gerakan Pangan Murah yang di sediakan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) kota tangerang untuk masyarakat sekitar”. Tambahnya.

Turut hadir dalam acara kegiatan ini, PJ (pejabat) walikota Tangerang Dr. Nurdin. S. Sos., M. Si. Kepala Dinas Pangan Kota Tangerang, Mudhorun. Ap. Dandim 05/06 Kota Tangerang, Letnan Kolonel Aris Sutrisno. S. Ip., Danramil 02 Batuceper Rohani. S. Ip., Camat Batuceper, H. Mulyani, S. Ip., Lurah sekecamatan Batuceper, Ketua pengurus Kampung Jimpitan, Slamet Heriyanto, SE. Perwakilan Siswa/i 33 SMP Negeri Kota Tangerang.

Acara ini di tutup dengan sangat meriah dan serta penyerahan bantuan sarana pertanian Urban Farming kepada perwakilan Sekolah Menengah Pertama (SMP), 8 KWT dan Penanaman Bibit cabai di kelurahan Karang Anyar kecamatan Neglasari kota tangerang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *