Sejumlah Tokoh Masyarakat Inginkan Beberapa Hal Ini Kepada Kepala Daerah Muba Terpilih Kedepan

MUBA,kpksigap.com Pilkada Serentak akan segera bergulir dengan hitungan bulan, dimana sejumlah daerah di Indonesia tersebut memiliki tugas berat dalam mensukseskan Pesta Demokrasi yang akan menentukan arah kebijakan kemajuan suatu daerah.

Perhelatan tersebut akan dilaksanakan pada 27 November 2024 mendatang.

Salah satunya di Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, yang saat ini sudah mempersiapkan sejumlah kesiapan yang dibutuhkan saat pelaksanaan.

Beberapa Nama Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati santer bermunculan dan telah mengerucut, diantaranya ada nama H Apriyadi Mahmud yang sebelumnya menjabat Pj Bupati Dua Periode dan ada nam Hj Lucyanti Pimpinan Partai Politik PKN Sumsel.

Salah satu Tokoh Pemuda sekaligus Ketua Organisasi Profesi Pers IWO Muba Riyansyah Putra SH mengatakan, bahwa siapapun pemimpin Muba dia wajib mengedepankan potensi kebutuhan masyarakat.

“Diantaranya Lapangan Kerja, Peningkatan Penghasilan Perekonomian, Hingga sektor Pendidikan yang harus diutamakan bagi masyarakat yang kurang mampu,” kata Riyan, Rabu (26/6/2024).

Lebih lanjut Riyan Menambahkan, pemimpin Muba kedepan Juga harus bisa meningkatkan Indeks Kepercayaan Masyarakat diantaranya Kepercayaan atas akan tidak terjadinya Korupsi dan hal-hal yang bersifat kepentingan Pribadi.

“Kami juga berharap, Pemimpin Muba yang tau situasi dan kondisi Muba saat ini,” cetusnya.

Hal yang sama disampaikan sejumlah tokoh masyarakat hingga Birokrat Senior di kabupaten Musi Banyuasin.

Birokrat Senior yang juga sempat Menjabat Pj Bupati Muba H Yusnin SSos MSi begitu di wawancarai, dia mengatakan Kalau untuk kepala daerah Bupati dan wakil Bupati ke depan itu harus dipimpin oleh seorang kepala daerah yang mempunyai pengalaman di birokrasi sehingga dia sudah mengenal dan tahu wilayah muba  dan sifat, adat istiadat masyarakat muba yang heterogen yg terdiri dari berbagai suku dan agama dan berdomisili di Muba,” katanya.

Lebih lanjut Tokoh Birokrasi ini menambahkan untuk Kriteria – kriteria kepala daerah dan wakil kepala daerah Muba ke depan harus yang profesional dengan mempunyai 4 pilar kepemimpinan dalam manajemen  yang pertama integritas, kapabilitas, otoritas dan ⁠karitas empat pilar ini penting dalam manajemen birokrasi kepemerintahan,” tutupnya.

Di tempat terpisah H Anwar Hasan Tokoh Politik yang sudah empat periode menjabat Anggota DPRD Kota dan Provinsi ini dia mengatakan, yang pertama mengutamakan putra daerah yg berintegritas dan mempunyai kemampuan dan pengalaman terkhusus di bidang birokrasi serta berpendidikan yang baik teruji dan diuji secara akademik dan yang paling penting mempunyai niat yg tulus terhadap perubahan dan kemajuan kabupaten Musi Banyuasin baik di bidang infrastruktur, ekonomi, kerakyatan serta mampu membuka lapangan pekerjaan memberantas kemiskinan serta mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat muba.

“Mampu dan bisa  menciptakan SDM masyarakat muba yang siap bersaing dengan SDM dari daerah manapun juga,” ucapnya.

Dia juga menambahkan harus peka terhadap segala persoalan yang timbul di wilayah kabupaten musi banyuasin dan dapat mengantisipasi dalam segala persoalan yg terjadi inilah kriteria yg paling aku harapkan sosok pemimpin Musi Banyuasin ke depan mengingat kabupaten Musi Banyuasin ini merupakan kabupaten induk yang terluas wilayahnya dan penuh dengan sumber alam,” harap Anwar Hasan.

Reporter: Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *