Proyek Pembangunan MCK Bernilai Milyaran di Lampung Tengah di Duga Kuat Jadi Ajang Korupsi.

 

Lampung Tengah, kpksigap.com.

Proyek milik Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Cipta Karya Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2024 yang bernilai Milyaran rupiah, di duga dalam pekerjaan nya tidak sesuai dengan spesifikasi maupun juknis pekerjaan dan terindikasi kuat akan adanya kerugian negara dalam pengerjaan Proyek tersebut.

Pasal nya, dari hasil penelusuran awak media di lapangan, seperti yang terjadi di Kampung Payung Dadi Kecamatan Pubian dan Kampung Karang Jawa Kecamatan Anak Ratu Aji, yang mana dalam realisasi pekerjaan nya banyak di temukan kejanggalan-kejanggalan dalam pelaksanaan nya baik kualitas maupun kuantitas barang yang di gunakan dalam pembangunan MCK tersebut.

Fakta yang di temukan oleh awak media di lapangan seperti pembangunan yang berada di Kampung Payung Dadi, berdasarkan keterangan dari masyarakat penerima pembangunan tersebut dan fakta yang terjadi dalam pembangunan tersebut, material yang disediakan antara lain 3 sak semen (Merk R**awali,Me**h p**ih), batu bata 500 biji, pasir sekitar setengan mobil kecil, 1 closet, pipa 3 inc 1 batang, kayu kaso 9 batang, septik tank 800-900 ml, dan 1 lembar spandek ukuran bangunan. Di samping itu untuk lubang penggalian dilakukan oleh mereka selaku penerima manfaat, yang mengaku ada yang di bayar hanya Rp.100.000 dan ada yang tidak di bayar.

 

Hal tersebut juga tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di Kampung Karang Jawa Kecamatan Anak Ratu Aji , bahkan di kampung tersebut justru lebih miris, yang mana batu bata nya hanya di sediakan sekitar 300-350 biji, tidak di beri kayu kaso yang di ganti dengan 1 batang Hollow Sehingga banyak dari para penerima manfaat mengaku menambah kekurangan material karena harus mencukupi pembangunan tersebut.

 

Sementara itu saat di konfirmasi ke Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Cipta Karya Kabupaten Lampung Tengah pada Rabu (18/9/2024) melalui DN di ruangan nya mengatakan, bahwa didalam pekerjaan tersebut untuk satu titik pekerjaan bernilai Rp 12.500.000, yang mana terdapat 311 titik yang terbagi di 4 Kecamatan yang ada di Lampung Tengah, yang diantanya yakni Kecamatan Pubian sebanyak 87 titik,kecamatan Anak ratu aji 85 titik, Kecamatan Rumbia 83 titik dan Kecamatan Way Pengubuan sebanyak 56 titik.

 

Dan apabila merunut dari data LPSE, pekerjaan tersebut terbagi menjadi 2 paket yang di kerjakan dengan Metode E-purchasing, dari ke dua pekerjaan tersebut di ketahui yakni Pembangunan MCK dan Pemasangan Tangki Seftik 0,8 M3 dengan Pagu Anggaran Rp. 2. 332.500.000 dan Pengadaan Tangki Seftik Individual 0,8 M3 dengan Pagu Anggaran Rp. 1.487.896.774 dengan jadwal pelaksanaan kontrak dari bulan Mei-September 2024.

 

Bila di lihat dari semua yang terjadi, dalam pekerjaan yang menghabiskan milyaran uang APBD Lampung Tengah Tahun 2024 tersebut, apabila tidak ada sikap dari Dinas terkait bahkan menerima pekerjaan tersebut dengan kejanggalan-kejanggalan yang terjadi tentunya patut di pertanyakan, mengingat adanya indikasi yang akan merugikan Keuangan Negara yang tidak sedikit.

 

Menanggapi dan mengantisipasi hal tersebut, Badri selaku bagian dari Komascipol/Kombatpol (Komunitas Masyarakat Cinta Polisi/Komunitas Sahabat TNI dan Polri) menyampaikan bahwa terkait hal tersebut akan mengawal penuh sampai pekerjaan tersebut selesai dan menurut nya apabila kejanggalan-kejanggalan yang terjadi tersebut tidak di indahkan oleh Dinas terkait ia mengaku siap melaporkan hal tersebut ke sejawat hukum untuk membantu Negara dalam memastikan tidak adanya kerugian Negara, ” akan kita kawal pekerjaan tersebut sampai selesai, mengingat pekerjaan tersebut menghabiskan anggaran milyaran, jangan sampai ada kongkalikong dalam proyek tersebut. Bahkan kalau memang nanti nya kita anggap perlu, maka kita akan laporkan kesejawat hukum” tegas nya. (Tim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *