Pelantikan Dan Bimbingan Teknis Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pilkada Tahun 2024 Di Kelurahan Batujaya

Kota Tangerang, kpksigap.com – Sekretariat Kelurahan (Sekel) Hj. Titin Hartini, S.Kom bersama Binamas polsek Batuceper Bpk. Harno, Ketua PPS dan Ketua KPU Kelurahan Batujaya Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang mengadakan kegiatan Pelantikan dan BIMTEK Petugas Pemutakhiran Data (PANTARLIH) Pilkada 2024, pada Senin (24/06/2024).

Pantarlih merupakan petugas pemutakhiran Data Pemilih yang dibentuk untuk melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data pemilih pada tahapan pemilu. Pantarlih dibentuk oleh panitia pemungutan suara (PPS) yang berkedudukan di Kalurahan/Desa dalam hal ini Kelurahan Batujaya. Sudah menjadi kewajiban bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk membentuk kemudian melantik Pantarlih.

Binamas Polsek kecamatan Batuceper Bpk. Harno, S. I. K menyampaikan ” Bagi setiap Pantarlih yang sudah lolos saya himbau untuk bisa menjalankan tugas dengan amanah dan kondusif. Saya atas nama Binamas Polsek Batuceper mengucapkan selamat kepada para Pantarlih yang sudah terpilih dan selamat menjalankan tugas yang di berikan oleh PPS”.

Ibu Hj. Titin selaku Sekretariat Kelurahan dalam sambutannya. Sebelumnya saya selaku sekretariat kelurahan memohon maaf atas ketidak hadirnya bapak Lurah untuk melantik di kegiatan ini, karena beliau masih ada tugas yang harus di jalankan di tempat lain, dan beliau berpesan kepada saya untuk mewakili pelantikan Pantarlih ini kepada peserta yang di nyatakan lolos.


” Perlu di ketahui untuk Calon Pantarlih ini berjulah 32 orang dari 16 TPS di kelurahan Batujaya, mencangkup dari RW 05 dan RW 06. Kegiatan ini sebagai salah satu tahapan penting menyangkut eksistensi penyelenggara dan penyelenggaraan pemilu serta representasi pendidikan politik bagi masyarakat. Saya berharap Pilkada serentak tahun 2024 di Kalurahan Batujaya nantinya dapat berjalan dengan lancar, lebih kondusif dan meningkatkan solideritas tinggi, karena masih sering terjadi dari data yang tidak sinkron, seperti yang sudah meninggal itu jangan di masukan kembali. Jadi saya mohon untuk pantarlih ini untuk berkerja yang amanah, bertanggung jawab, dan lebih teliti lagi dalam mempersiapkan data-data yang di berikan oleh KPU kota dan PPS kecamatan”. Tegasnya.

Ketua PPS mengatakan Petugas Pantarlih yang lolos persyaratan setelah dilantik untuk kemudian bertugas melakukan pendataan dan pemutakhiran data pemilih. Nantinya petugas Pantarlih akan berkedudukan di TPS masing-masing untuk melakukan pendataan dan pemutakhiran data pemilih yang akan melakukan pemilihan di TPS tersebut. “Petugas Pantarlih Pemilu 2024 nantinya akan melakukan pengecekan daftar pemilih. Petugas datang ke rumah warga memeriksa apakah mereka sudah punya hak pilih atau belum.
laporan dari petugas Pantarlih akan diolah menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS). Setelah melewati proses tanggapan masyarakat, akan didapatkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk PILKADA 2024 mendatang”.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretariat kelurahan Batujaya Ibu. Titin Hartini, S.Kom, Binamas polsek Batuceper Bpk. Harno, Ketua PPS dan Ketua KPU Kelurahan Batujaya dan Panwascam kecamatan Batuceper.

Penulis Burhanudin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *