KERESAHAN PETANI PAYA BAKONG

PAYA BAKONG,KpkSigap.com
Pekebun di Kecamatan paya bakong, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, resah akibat gangguan gajah liar pada lahan perkebunan tepatnya di desa perupok kecamatan paya bakong dalam beberapa waktu terakhir.

Kechik atau Kepala Desa pereupok Munzirwan Jum’at sore hari tgl 21/09/2024 mengatakan kawanan gajah liar yang jumlahnya belasan ekor tersebut kerap mengganggu tanaman di kebun milik warga, seperti pinang, kelapa sawit, pisang dan tanaman lainnya.

Gangguan gajah liar mulai terasa sejak satu minggu yang lalu tepatnya pada tanggal 13/09/2024 di mana gajah liar sempat mengobrak-abrik tanaman di kebun warga daerah tersebut.

Gajah sempat juga memasuki kawasan perkebunan Baru serta merusak tanaman sawit yang diperkirakan mencapai 9 hektar.

Sedangkan upaya yang dilakukan oleh pekebun dalam mengatasi gangguan gajah liar tersebut antara lain dengan cara tradisional. Seperti menyalakan obor pada malam hari dan menggunakan meriam bambu.

Namun kondisi itu tidak berlangsung lama, karena belakangan ini diketahui, kawanan gajah tersebut memasuki kawasan pemukiman warga.
kawanan gajah liar itu hanya singgah sebentar di pemukiman warga, lalu pergi masuk kembali kehutan. Meskipun, tidak ada korban, namun kondisi tersebut sangat meresahkan pekebun bahkan warga di sekitar.

Selama ini, ketika gajah mengobrak-abrik kebun warga, warga sekitar yang kini sangat resah, mengharapkan bantuan petugas pemerintah yang dapat di perbantukan ke daerah kami agar kiranya dapat membantu menangani kawanan gajah tersebut, ujar Munzirwan sebagai kepala desa atau keuchik desa perupok kecamatan paya bakong.

(KPK SIGAP – Pon Acut)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *