Diskominfo Menggelar Seminar Statistik

LUWU UTARA,KpkSigap.com
Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Luwu Utara bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (Diskominfo-SP) menggelar kegiatan Seminar Statistik, Kamis (20/9/2024), di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida).

Seminar Statistik yang digelar dalam rangka untuk menyambut Hari Statistik Nasional (HSN) yang jatuh pada 26 September 2024 mendatang ini mengambil tema “Bersama Membangun Luwu Utara dengan Data”.  Seminar dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan, Akram Risa.

Dalam sambutannya, Akram berharap agar seminar ini menjadi ajang edukasi untuk mengajak seluruh elemen masyarakat, baik kementerian/lembaga, pemerintah daerah, hingga masyarakat, untuk menyadari pentingnya peran data statistik dalam berbagai bidang.

“Melalui seminar ini, kami mengajak seluruh elemen masyarakat untuk sadar statistik, sehingga jika masyarakat telah sadar statistik, maka perilaku ‘menyukai statistik’ tentu dengan sendirinya akan terwujud pada diri setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat,” katanya.

Akram juga berharap agar setiap kegiatan statistik sekiranya dapat melibatkan seluruh elemen masyarakat, baik itu masyarakat sebagai responden data maupun sebagai pengguna data, sehingga kegiatan statistik yang dilakukan dapat berjalan sesuai harapan,” jelas Akram.

Seminar ini menghadirkan narasumber, Kepala Diskominfo, Nursalim Ramli, dengan judul materi “Data dari Kita untuk Kita”. Narasumber lain yang juga hadir adalah Ovan Patuang Putra (Bapperida), dengan judul “Esensi Data dalam Perencanaan Pembangunan: Dari Statistik ke Solusi”.

Narasumber terakhir adalah Kepala BPS Kabupaten Luwu Utara, Ayub Parlin Ampulembang, yang mengangkat Fenomena Indikator Makro Kabupaten Luwu Utara Tahun 2024 sebagai tema dalam materi seminar yang ia paparkan di hadapan para peserta seminar statistik.

Adapun peserta seminar berasal dari produsen data atau responden data dan konsumen data atau pengguna data. Produsen data yang hadir berasal dari perwakilan perusahaan yang selama ini memberikan sumbangsih yang besar bagi tersedianya data statistik di Luwu Utara.

Sementara itu, konsumen data yang diundang adalah para perwakilan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu Utara yang diharap dapat memanfaatkan data statistik sebagai bahan evaluasi dan perencanaan pembangunan, khususnya di Kabupaten Luwu Utara.

Seminar ditutup dengan pemberian award atau penghargaan kepada perwakilan perangkat daerah yang telah dinilai dalam sebuah Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) serta perwakilan perusahaan yang selama ini berkontribusi sebagai responden dari BPS Lutra.

Pemberian penghargaan ini sebagai apresiasi atas kontribusi mereka dalam membantu pelaksanaan statistik yang berkualitas di Kabupaten Luwu Utara yang dapat memotivasi dan menularkannya kepada produsen atau konsumen data lainnya, sehingga kegiatan statistik berjalan baik.

Selain Asisten I Akram Risa, turut hadir dalam seminar ini, Kepala Diskominfo-SP, Nursalim Ramli, Kepala BPS Kabupaten Luwu Utara, Ayub Parlin Ampulembang, serta Kepala Bidang Perekonomian, SDA, Infrastruktur dan Kewilayahan Bapperida Luwu Utara.

(KPK SIGAP – Ovan Patuang Putra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *