Rekoleksi Komunitas Doa Kerahiman Ilahi Paroki Nangahure, Keuskupan Maumere Jumad, 20 September 2024 Mempersiapkan Diri Pelantikan Pengurus dan dan Pengukuhan Anggota Komunitas Doa Kerahiman Ilahi, Tingkat Paroki dan Tingkat Stasi

Maumere -Sikka,KpkSigap.com
Komunitas Doa Kerahiman Ilahi Paroki Nangahure, Keuskupan Maumere, sebelum Pelantikan Pengurus dan Pengukuhan Anggota Komunitas Doa Kerahiman Ilahi, yang dijadwalkan pada Minggu, 22 September 2024, diawali dengan Rekoleksi Jumad, 20 September 2024 bertempat di Gereja Paroki Santa Maria Magdalena Nangahure dipimpin oleh RD. Quirinus Galmin, disapa “Romo Quin” Ketua Biro Pendampingan Komunitas Rohani (PKR) tingkat Keuskupan.

Peserta Komunitas Doa Kerahiman Ilahi Paroki Nangahure, sudah berjalan kurang lebih dua tahun terakhir dengan jumlah anggota yang masih terbatas. Di tahun 2024 Komunitas Doa Kerahiman Ilahi, sudah mulai menyebar di 4 Stasi yaitu Stasi Santa Theresia Urun Pigang, Stasi Santo Fransiskus Wailiti, Stasi Santo Yohanes Pembaptis Patisomba, Stasi Santo Stefanus Waturia dan umat pada wilayah Paroki Nangahure.

Jumlah Anggota Komunitas Doa Kerahiman Ilahi se Paroki Nangahure, tercatat 111 anggota. Yang siap menerima pengukuhan menjadi Anggota di tingkat Paroki dan terdaftar di tingkat Keuskupan Maumere sejumlah 99 orang.

Hadir juga Pengurus dari Komunitas Kerahiman Ilahi Keuskupan Maumere, Bapak Pieter Hendrik Ques (Ketua), Ibu Anselmia Lite (Wakil Ketua), Ibu Ista ( Sekretaris), Ibu Maria Adel Laban (Korwil) Paroki Kota meliputi Paroki Nangahure, Paroki Wolo Maget, Paroki Misir, Paroki Katedral, Paroki Thomas Morus dan Paroki Wailiti.

Sebelum masuk pada materi pendalaman Rekoleksi, Romo Quin menyampaikan rincian acara kegiatan antara lain, 1). Pendalaman Adorasi Ekaristi; 2). Istirahat Makan Siang; 3). Perayaan Ekaristi; 4). Adorasi dan pelayanan Sakramen Tobat / pengakuan pribadi; 5). Doa Kerahiman Pkl. 15.00; 6). Ditutup dengan Gladi Acara Pelantikan dan Pengukuhan Anggota Komunitas Kerahiman Ilahi Tingkat Paroki dan Tingkat Stasi.

Romo Quin dalam sapaan awal kepada peserta Rekoleksi, mengatakan bahwa jika mendalami Adorasi Ekaristi berarti kita menyelami dan menimbah makna Adorasi Ekaristi bagi pembangunan iman kita.

Di Keuskupan Maumere, Kabupaten Sikka, baru mempunyai tiga Kapela Adorasi yaitu, Kapela Adorasi Katedral Maumere, Kapela Adorasi Paroki Kloangrotat dan Kapela Adorasi Paroki Sikka. Sedangkan paroki yang lain belum memiliki Kapela Adorasi khusus walaupun sudah ada tetapi masih menggunakan salah satu ruang khusus. Kata Romo Quin kepada peserta Rekoleksi.

Para peserta Rekoleksi mengikuti dengan baik semua proses dari awal hingga akhir. Ketika mendengar dari peserta yang tidak menyebutkan nama, kesan selama mengikuti Rekoleksi ini, mereka merasa puas pengalaman iman yang dibawakan oleh Romo Quin, sebagai Ketua Biro Pendampingan Komunitas Rohani (PKR) Keuskupan Maumere.

Dengan kesiapan jiwa dan raga yang baik, peserta Rekoleksi mampu bertahan dari Pkl. 09.00 pagi hingga selesai Pkl. 16.30, membuat Romo Quin merasa puas dan bangga atas keseriusan serta terlibat secara aktif seluruh kegiatan ini.

Sebelum peserta Rekoleksi kembali ke rumah masing – masing dilakukan Gladi rangkaian acara pada Pelantikan dan Pengukuhan Anggota Kerahiman Ilahi Minggu, 22 September 2024 dipandu oleh Ibu Ista, Sekretaris Komunitas Kerahiman Ilahi Keuskupan Maumere dan Ibu Anselmia Lite, Wakil Ketua Kerahiman Ilahi tingkat Keuskupan

Setelah selesai, pantauan KPK Sigap.Com, para peserta tetap semangat kembali ke rumah masing – masing mempersiapkan diri untuk Pelantikan dan Pengukuhan hari Minggu, 22 September 2024.

(KPK-SIGAP – Stefanus Keban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *