DIDUGA KORUPSI DANA DESA. TAHUN 2023-2024 DI DESA GEMIUNG.

OKU selatan. kpksigap.com
Program ketahanan pangan program presiden berdasarkan Perpres no 104 20% bersumber dari Dana Desa di Desa gemiung  kecamatan Buana pemaca kabupaten Oku Selatan.kini jadi menuai pelemik dan menjadi pertanyaan publik.

Senen 16-9-2024 Pasalnya kepala Desa gemiung saat di temui awak media di kediaman nya.sedang tidak ada di rumah. dan tidak berhenti sampai di situ tim media menemui salah satu  masyarakat gemiung..masyarakat mengatakan bahwa selama jadi kades tidak pernah di rumah.jangan kan kalian wartawan mau bertemu masyarakat sini aja susah untuk ketemu sama pk kades nya.

Tim media langsung menuju kediaman ketua BPD desa gemiung .untuk mempertanyakan program ketahanan pangan di tahun 2023 dan 2024.? kalau untuk di tahun 2023 program ketahanan pangan di desa kami ikan lele sebanyak 27 ribu bibit.kalau untuk kolam bioplok ada 27 kolam.dalam 1 kolam berisi seribu bibit.kalau untuk harga bibit ikan lele dua ratus perekor. dan untuk harga kolam bioplok satu juta per kolam.

masih Menurut keterangan ketua BPD  menyampaikan kepada awak media kalau untuk program ketahanan pangan di tahun 2024 kambing sebanyak 24 ekor terletak di dusun 3. kalau untuk harga saya tidak tau. karna tidak di kasih tau oleh pk kades. tapi dalam perkiraan saya untuk harga kambing  minimal satu juta perekor .karna kambing nya sudah lumayan besar. Tapi pesan pk kades jika ada orang bertanya tentang Dana Desa langsung temui pk kades nya./ucap ketua BPD

Tim media langsung menuju ke dusun 3 bersama ketua BPD dan kadus .untuk melihat pemeliharaan  kambing  yang di urus oleh pk topa .menurut keterangan pk topa. Untuk bikin kandang  kambing saya  ber empat . upah nya harian dalam sehari  seratus ribu satu orang. selesai  kurang lebih 12 hari kerjanya. Dan untuk total biaya bikin kandang kambing dan upah nya keseluruhan nya sekitar Rp 10.000.000

Seperti informasi yang kami dapat dari keterangan ketua BPD .banyak sekali kejanggalan di desa gemiung  kecematan Buana pemaca. kejanggalan dalam program ketahanan pangan  di tahun 2023 dan 2024

Bahwasanya prioritas pengguna Dana Desa untuk di desa gemiung tidak efektif dan tidak menerap kan aturan pemerintah sesuai juklak – juknis.maka Dana Desa diduga jadi sarat (KKN) oknum kepala Desa tersebut.

Sedangkan untuk Dana ketahanan pangan di Desa gemiung di tahun 2023 sangatlah besar. Yang di anggarkan di.

TAHAP 2 =RP 172.893.600

Dan untuk di tahun 2024 dianggarkan:Rp 99.169.800

Kami berharap kepada pemerintah kabupaten oku selatan.khususnya dinas terkait dan aparat penegak hukum (APH) untuk menindak lanjuti pemberitaan ini karena kuat dugaan telah terjadi KKN dalam pengelolaan Dana Desa 2023 dan 2024 yang ada di desa  gemiung.

(Andi KPK sigap)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *