Bersaing Dengan 39 Desa Wisata Sikka Pokdarwis Pasir Putih Desa Lewomada Berhasil Raih Juara 1

Maumere, Sikka-kpksigap.com
Tim penilai dari Disparbud Sikka berhasil menetapkan Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) Pasir Putih Lewomada Kecamatan Talibura sebagai Juara 1 dan diumumkan pada Penutupan  Festival Jelajah Maumere ( FJM) Sabtu 14 September 2024.

“Saya senang campur haru karena Pokdarwis Pasir Putih yang usianya baru 4 tahun ini mampu bersaing dengan 39 desa wisata lain yang nota bene sudah terkenal di kancah nasional,” ujar Pembina Pokdarwis Pasir Putih desa Lewomada Dominikus Pondeng usai menerima hadiah lomba pada penutupan Festival Jelajah Maumere.

Kepala Desa Lewomada yang energik ini mengakui selain bangga mendapatkan juara pekerjaan rumah berat adalah bagaimana menpertahankannya dan kegiatan berkelanjutan.

“Saya secara pribadi mengapresiasi tim juri dan juga Disparbud Sikka  khususnya bidang kelembagaan yang sudah menyelenggarakan kegiatan lomba ini,” ujar Dominikus.

Agar desa Wisata Lewomada bisa eksis melawan gempuran tantangan kedepan akuinya adalah komitmen semua pihak untuk tetap bekerja keras tanpa berpikir berapa keuntungan yang diperoleh.

“Harus berani membuang waktu dan tenaga karena dilakukan secara swadaya untuk dapat menggapai idealnya sebuah desa wisata,” tegasnya.

Terkait keberhasilan yang diraih Pokdarwis Pasir Putih Desa Lewomada ini  Kadisparbud Sikka Ferdinan Even Edomeko untuk tidak berpuas diri tetapi tetap belajar dari pokdarwis yang sudah menembus kancah nasional.

“Harus tetap jatuh cinta pada pariwisata dan hal yang sangat penting dalam memajukan Pokdarwis adalah merawat komitmen yang telah disepakati bersama di tingkat desa,” pinta Even.

Untuk diketahui Pokdarwis Pasir Putih desa Lewomada  tempat sekretariat di Desa Bokong Desa Lewomada Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka dibentuk pada tanggal 29 Oktober 2020.

Komposisi Kepengurusan sebagai pembina Pokdarwis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sikka dan Kepala Desa Lewomada.

Sedangkan Penasihat dipercayakan kepada Yuvenalis Nong Pas dan Aloysius Suban.

Sementara susunan pengurus inti Ketua dan Wakil  Agustinus Tolek dan Alexius Simenes. Sekretaris Siprianus Resi dan Bendahara Hendrikus Wajong dilengkapi dengan 3 seksi yakni Keamanan dan Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan serta Humas dan Pengembangan SDM.

(KPK SIGAP Sikka-Yuven-Frans)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *