Ratusan Hektar Sawah Kekeringan Akibat Penutupan Sumber Air dari Bendungan Temef.

Timor Tengah selatan. kpksigap.com
Salah satu bendungan terbesar di wilayah Indonesia Timur yang menelan Trilunan rupiah dengan masa kerja sekitar 5 tahun  akan rampung  dalam waktu dekat   adalah Bendungan Temef yang terletak di Kabupaten Timor Tengah Selatan NTT .
Keberadaan bendungan tersebut  sudah pasti nantinya akan memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat  umum ..
Namun  sangat miris  proyek raksasa tersebut menyisihkan beberapa hal yang oleh masyarakat lokal merasa dirugikan .
Seperti urusan pembebasan lahan masyarakat  berupa ganti rugi  yang  hampir 5  tahun sejak awal pengerjaan  proyek tersebut sampai dengan sekarang belum 100 % tuntas . Berbagai upaya telah ditempuh masyarakat setempat demi penyelesaian  sengketa tersebut namun belum ada titik terang 100%.
Belakangan ini muncul lagi persoalan baru yaitu ratusan hektar lahan persawahan masyarakat dari 2 Kabupaten, Kabupaten Timor Tengah Selatan dan kabupaten Timor Tengah Utara  yg berada pada  bentangan sungai  aliran air dari Temef  mati kekeringan akibat penutupan pintu air oleh pengelola bendungan tersebut. Farnefer Baun, koordinator masyarakat  pada  tanggal 5 September  bersama masyakat  bertemu dengan  para pengelola proyek bendungan tersebut untuk bernegosiasi namun sampai dengan berita ini naik belum ada hasilnya.
Langkah selanjutnya, 10 September 2024  masyarakat tersebut  didampingi 2 orang koordinator  Marlon Angket dan Farnefer  Baun  bertemu anggota DPRD kab. Timor Tengah Selatan demi  menyampaikan aspirasi, harapan dan perjuangan mereka ..Namun kepada Media ini kedua koordinator tersebut mengatakan bahwa tidak ada hasil yang memuaskan pada masyarakat karena pihak DPRD terkesan saling melempar tanggung jawab.
Masyakat 2 Kabupaten tersebut sangat mengharapkan para pihak terkait agar segera mengambil tindakan yang pro masyakat demi penyelesaian masalah tersebut.
(Kpk- SIGAP, kupang) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *