Pemberkatan LAB Asisten Keperawatan & Caregiver Dan LAB Asisten Teknik Laboratorium Medik SMK Santo Thomas Maumere Kabupaten Sikka, Jumad, 6 September 2024

Maumere, Sikka, kpkSigap.com
Pemberkatan LAB Asisten Keperawan & Caregiver dan LAB Asisten Teknik Laboratorium Medik SMK Santo Thomas Maumere, Kabupaten Sikka, Jumad, 6 September 2024 diawali dengan Perayaan Misa Kudus,  misa Jumad Pertama diawal bulan September 2024.

Perayaan Misa Kudus dipimpin oleh Pater RP. Philipus Ardi Nandos, SDV, disapa Pater Nando, didampingi Fr. Stanislaus Jebarus, SDV, Biara Vocationist Father, Komunitas Holy Family Vocationary di Wairpelit – Nita. Perayaan Misa Kudus dilaksanakan di Aula Terbuka SMK Santo Thomas Maumere. Turut hadir dalam misa ini Kepala SMK Santo Thomas Agustino Lameng, SH, para dewan guru serta siswa – siswi kelas X dan Kelas XI Tahun Ajaran 2024 – 2025.

Untuk memeriahkan Perayaan Misa Kudus, Koor ditanggung oleh Bapak Ibu Dewan Guru dan diiringi dengan musik dimainkan oleh Bapak guru Aloysius Lanang, S.Fil dan juga sebagai Kepala KAUR Kurikulum.

Mengawali Perayaan Misa Kudus, Pater Nando  menyapa dan mengajak, “marilah kita bersyukur dalam seluruh tugas dan karya, dalam perjalanan pengalaman hidup selama ini, baik di tengah keluarga, di lingkungan sekolah, ditempat tugas dengan menyadari.bahwa kita tidak berjalan sendiri”. Bacaan pertama pada pekan liturgi hari ini, Rasul Paulus dengan bangga mengucapkan syukur atas Rahmat Panggilan yang dipercayakan Tuhan kepadanya di tengah umat Allah.

Bertugas Bacaan Pertama dan sekaligus membawahkan doa umat siswi atas nama “Felicita Bernadethi Deuisfa”, disapa “Ifa”, kelas XI Hotel.

Doa Umat dibacakan oleh siswi atas nama Ifa antara lain; Bagi Perdamaian Dunia, Perdamaian dalam komunitas masyarakat, Keluarga, Lembaga SMK Santo Thomas, khususnya perdamaian di dalam diri kita sendiri; Untuk Kemajuan Lembaga Pendidikan SMK Santo Thomas Maumere; Untuk kesuksesan seluruh kegiatan di Lembaga Pendidikan SMK Santo Thomas Maumere, khususnya proses pembelajaran bagi peserta didik kelas X dan kelas XI serta kelas XII yang sedang melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Surabaya, Bali dan tersebar di daratan Flores; Dan juga untuk semua yang hadir di dalam perjamuan Ekaristi Kudus. Semua doa – doa permohonan ini disampaikan kepada Allah Bapa di Surga, semoga Allah-lah yang menjadi sumber tumpuan segala harapan bagi manusia yang masih mengembara di muka bumi ini.

Setelah mendengarkan Sabda Tuhan yang diambil dari Injil Lukas 5:1-8, Pater Nando menyampaikan  homili singkat diawali dengan sebuah pantun ” hari Jumad setelah hari Kamis, melihat nona berwajah manis, apa Khabar keluarga besar SMK Thomas, sehat semua tetap berjuang tanpa batas.

Selanjutnya Pater Nando meneruskan homili dengan mengutip pesan dari Injil Lukas, Yesus berbicara tentang pentingnya menaruh anggur baru ke dalam kantong anggur yang baru. Ini mau mengingatkan sebagai pengikut Kristus yaitu berani menggunakan “kantong anggur” yang baru yaitu ajaran Kristus. Ajaran ini adalah Kasih yang mengajarkan untuk mengasihi Tuhan dan sesama dengan tulus.

Mengikuti Kristus berarti kita harus meninggalkan cara-cara lama yang mungkin dipenuhi dengan sikap egoisme, kebencian, iri hati.

Kita diajak untuk hidup dalam kasih yang penuh pengorbanan, mengutamakan kepentingan orang lain serta membawa damai.

Ajakan Pater Nando, mengakhiri homilinya, mari kita memperbaharui diri dengan kasih Kristus, kasih Allah yang nampak pada diri Bapak Kepala Sekolah, Bapak Ibu Dewan Guru, pun pada peserta didik yang mencerminkan hidup dalam kegembiraan, sukacita dan senyum.

Diakhir perayaan Ekaristi, Pater Nando, SDV didampingi Fr. Jebarus, SDV, melaksanakan pemberkatan dua LAB yaitu Asisten Keperawatan dan Asisten Teknik Laboratorium Medik.

Kepala Lab Asisten Keperawatan & Caregiver ibu Antonia Yovina, S.Kep menyatakan kegembiraannya bahwa fasilitas yang sudah tersedia ini sangat membantu peserta didik untuk dapat menjalankan praktek di sekolah dengan baik sebelum peserta didik dipersiapkan ke Praktek Kerja Lapangan (PKL). Hal yang senada juga disampaikan Kepala Lab Asisten Laboratorium Medik ibu Engelbertha Lelyanti Kusmira, AmdK, disapa ibu Leli, bersyukur dan berterimakasih atas pembangunan Lab Laboratorium Medik bagi peserta didik yang mengambil jurusan ini. Dengan kehadiran Lab ini memudahkan bagi kami para guru produktif untuk mengasuh peserta didik setelah diberi teori lalu praktek di Lab yang tersedia ini.

Pinta Kepala Sekolah SMK Santo Thomas agar kehadiran semua Lab yang ada di Lembaga SMK Santo Thomas, meningkatkan mutu pembelajaran menuju kepada kemandirian peserta didik agar mereka mampu bekerja setelah tamat dari lembaga SMK Santo Thomas.

(KPK-SIGAP, Stefanus Keban)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *