Paslon Bupati Dairi Rim Uli-Bintangta Dari Jalur Independen, Pendaftar Pertama Pilkada Dairi 2024

Sidikalang, kpksigap.com – Pendaftaran Pilkada Dairi 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Dairi menutup proses pendaftaran dengan hanya satu pasangan calon yang mendaftar.

Konferensi pers penutupan dilakukan pada Senin, 27 Agustus 2024, pukul 16:00 WIB, di depan Kantor KPU Dairi, Jln. Pandu No. 37, Kelurahan Bintang Hulu, Sidikalang.

Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Dairi yang mendaftar pada hari pertama ini adalah Rimso Sinaga dan Barita Sihite, yang maju melalui jalur Independen. Proses pendaftaran mereka dihadiri oleh Ketua KPU, komisioner Bawaslu, dan komisioner KPU lainnya.

Asih Firmansyah Solin, selaku Divisi Teknis KPU Dairi, mengonfirmasi bahwa berkas-berkas yang dibawa oleh pasangan Rimso Sinaga-Barita Sihite telah dinyatakan lengkap, baik yang diunggah melalui aplikasi Silonkada maupun yang diserahkan secara manual.

“Pasangan bakal calon Rimso Sinaga-Barita Sihite telah resmi mendaftar hari ini. Berkas-berkas yang dibawa dan diunggah di Silonkada dinyatakan lengkap. Namun, masih ada tahap penelitian kebenaran dokumen yang diunggah,” ucapnya dalam konferensi pers tersebut.

Mengingat aplikasi Silonkada masih dalam tahap pengembangan, pemeriksaan berkas dilakukan secara manual. Proses pemeriksaan ini disaksikan oleh salah satu komisioner Bawaslu, Lindawati Simanjuntak, dan tanda terima berkas juga diberikan secara manual.

Asih Firmansyah Solin juga menjelaskan bahwa penetapan calon akan dilakukan pada 22 September 2024. Untuk pendaftaran hari kedua, yaitu pada Rabu, 28 Agustus 2024, KPU Dairi akan melayani proses pendaftaran mulai pukul 08:00 WIB hingga 16:00 WIB. Sementara pada hari terakhir pendaftaran, yaitu 29 Agustus 2024, pendaftaran akan dilayani hingga pukul 23:59 WIB.

“Kami berharap para kandidat bakal calon yang ingin mendaftar esok hari agar segera menyurati KPU Dairi secara resmi. Hal ini penting agar waktu pendaftaran dapat disesuaikan dan tidak terjadi penumpukan di akhir waktu pendaftaran,” tutupnya.

Dengan masih terbukanya kesempatan untuk mendaftar, harapan besar tertuju pada munculnya lebih banyak calon yang siap berkompetisi dalam Pilkada Dairi 2024. Warga Dairi tentu menantikan siapa saja yang akan turut meramaikan kontestasi politik di kabupaten ini.

Penulis : M. Rahmansyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *