Road Show Sarasehan Media, Bidhumas Polda Jatim Perkuat Sinergi Wujudkan Pilkada 2024 yang Damai

KOTA BATU– MALANG, kpksigap.com
Bidhumas Polda Jawa Timur melanjutkan road show sarasehan dengan media se-Malang Raya, Blitar, dan Pasuruan dalam upaya menciptakan Pilkada serentak 2024 yang damai. Acara yang berlangsung di Kota Batu ini merupakan sarasehan kedua, setelah sebelumnya sukses dihelat di Sidoarjo, Jawa Timur.

Sarasehan kali ini mengusung tema “Sinergitas Polri dan Awak Media Untuk Menjaga Kondusifitas Kamtibmas Dalam Pelaksanaan Pilkada tahun 2024 di Jatim,” dengan format Focus Group Discussion (FGD). Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabidhumas) Polda Jawa Timur, Kombes Pol Dirmanto, membuka acara dengan menekankan pentingnya sinergi antara Polri dan media dalam menjaga situasi kondusif selama tahapan Pilkada.

Kombes Pol Dirmanto menekankan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemitraan antara Polda Jawa Timur dan media dalam rangka menjaga opini positif yang berdampak pada kondusifitas Kamtibmas. “Menyongsong Pilkada serentak 2024, Polda Jatim berkomitmen menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Kami mengajak media untuk bersama-sama menjaga situasi tetap aman dan terkendali,” ujarnya.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Polda Jatim juga menggulirkan Operasi Mantap Praja Semeru 2024, bekerja sama dengan TNI dan berbagai stakeholder lainnya untuk memastikan Pilkada berjalan aman dan kondusif. “Operasi ini merupakan bentuk kesiapan kami dalam menciptakan Pilkada 2024 yang bebas dari gangguan keamanan,” tambahnya.

Kombes Pol Dirmanto juga menyoroti pentingnya peran media dalam menjaga demokrasi dan stabilitas sosial selama Pilkada. “Kami berharap media dapat menjadi pilar yang menyampaikan informasi secara cepat, tepat, dan akurat kepada masyarakat,” kata Dirmanto. Ia menegaskan, komunikasi yang baik dengan media adalah kunci untuk menghindari penyebaran berita negatif yang dapat memicu keresahan di masyarakat.

Sarasehan ini juga menekankan bahwa potensi kerawanan bisa terjadi di setiap tahapan Pilkada, mulai dari pendaftaran calon hingga perhitungan suara. “Dengan pemberitaan yang berimbang dan bertanggung jawab, media dapat membantu meredam potensi konflik antar pendukung dan menjaga stabilitas selama proses Pilkada,” jelas Kombes Pol Dirmanto.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan deklarasi dan penandatanganan kesepakatan bersama antara pihak kepolisian dan perwakilan media. Nota kesepahaman ini menjadi komitmen bersama untuk menjaga pelaksanaan Pilkada serentak 2024 di Jawa Timur agar berjalan aman, lancar, dan damai.

Selain Kombes Pol Dirmanto, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan media dari Rayon 2 yang meliputi Polresta Malang Kota, Polres Malang, Polres Batu, Polres Kediri Kota, Polres Kediri, Polres Blitar Kota, Polres Blitar, Polres Pasuruan Kota, dan Polres Pasuruan. Tokoh penting lainnya yang hadir adalah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, Lutfil Hakim, serta perwakilan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur Divisi Hukum dan Pengawasan, Habib M. Rohan.

Kombes Pol Dirmanto menutup acara dengan mengajak seluruh pihak, terutama media, untuk terus bersinergi dalam menjaga situasi tetap kondusif menjelang Pilkada serentak. “Mari bersama kita jaga Jawa Timur tetap sejuk, damai, dan aman selama Pilkada 2024,” tutup Kombes Dirmanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *