45 Anggota DPRD Rohul Masa Periode 2024-2029 Resmi Dilantik & Diambil Sumpah

Rohu (Riau), kpksigap.com – 45 Anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu masa bakti 2024-2029, Senin (02/09/2024) resmi dilantik dan diambil sumpah. Pengambilan sumpah/janji dipimpin langsung Ketua Pengadilan Negeri Pasirpengaraian Rony Suata, S.H.,M.H., dalam rapat Paripurna DPRD di Gedung DPRD Rohul.

Rapat Paripurna ini di pimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu Novliwanda Ade Putra, ST.M.Si, dalam sambutannya Novliwanda menyampaikan bahwa pelantikan ini mentum dari puncak pemilihan umum tahun 2924.

“Kami atas nama pimpinan dan anggota DPRD Rokan Hulu memberikan apresiasi kepada semua pihak, yang telah memberikan kontribusi atas terlaksananya tahapan pemilihan umum sehingga berjalan aman dan lancar,” kara Novliwanda.

Ia juga mengucapkan terimakasih dan rasa bangganya kepada seluruh masyarakat Rokan Hulu yang semakin yang semakin dewasa mengikuti proses
Pemilu yang telah di selenggarakan. Ia juga menyampaikan bahwa pada hari ini jabatan Anggota DPRD 2019-2024 sudah berakhir dan pada yang sama anggota DPRD masa jabatan 2024-2029 akan memulai tugasnya.

“Kami Anggap dewan masa 2019-2024 selama pengabdian kami sudah melaksanakan sebagai mana tugas dan fungsi semaksimal mungkin untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Namun demikian belum tentu semuanya di penuhi,” ungkapnya.

Novliwanda berharap bisa di lanjutkan oleh anggota DPRD periode mendatang. Dan atas nama pimpinan dan anggota DPRD periode 2019-2024 Ia meminta maaf dan mengucapkan selamat kepada Anggota DPRD yang akan di Lantik.

“Kami juga berharap kepada anggota DPRD yang baru agar tugas yang mulia ini dapat di jalankan dengan sebaik-baiknya dengan di landasi keikhlasan dan menjunjung tinggi demokrasi serta mampu menyerap aspirasi dari masyarakat untuk menuju Rokan Hulu lebih baik,” ujarnya.

Usai di buka oleh ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu, di lanjutkan dengan prosesi pelantikan sumpah janji jabatan yang di awali dengan pembacaan SK Gubernur Riau oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Rokan Hulu H. Sariaman. Pengambilan sumpah janji ini di pandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Pasir Pengaraian Rony Suata, S.H.,M.H. yang di ikuti oleh seluruh anggota DPRD periode 2024-2029.

Usai dilantik dan diambil sumpahnya, Ketua Pengadilan Negeri Pasirpengaraian menyerahkan SK kepada 45 Anggota DPRD Rohul, dan secara simbolis menyematkan pin DPRD kepada perwakilan DPRD terpilih yang di saksikan oleh Bupati Rokan Hulu dan Perwakilan Gubernur Riau.

Usai dilantik, Sekretaris DPRD Rohul H. Sariaman kemudian membacakan rekomendasi pimpinan sementara yaitu
Hj. Sumartini dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai peraih kursi terbanyak dan Aidi dari Partai Demokrat

Setelah pembacaan SK rekomendasi tersebut, Ketua DPRD Rohul purna bakti Novliwanda Ade Putra SE kemudian menyerahkan palu sidang kepada Hj. Sumartini didampingi Aidi dan mengambil alih pimpinan sidang paripurna.

Sementara, pimpinan sementara DPRD Rohul Hj. Sumartini mengatakan, setelah dilantik anggota DPRD Rohul terlebih dulu akan menjalani orientasi untuk mengenal lebih dekat instansi serta Tupoksi.

Sebagai pimpinan sementara DPRD Rohul, Ia menyatakan akan memfasilitasi serta menggesa pembentukan fraksi, tata tertib, alat kelengkapan DPRD dan pendefenitifan pimpinan definitif.

“Kita minta doa dan dukungan dari masyarakat Rohul, agar kami 45 anggota DPRD Rohul ini dapat maksimal dalam bekerja dan memastikan pembangunan merata dirasakan seluruh masyarakat Rohul,” pungkasnya.

Dalam sambutannya, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengharapkan DPRD Kabupaten Rohul sebagai lembaga legislatif dapat menjalankan fungsinya sebagai Legislasi, Anggaran dan Pengawasan dengan tetap berkoordinasi dengan pemerintah daerah, meski dalam hal ini masih sering terjadi dinamika.

Menurutnya, di satu sisi DPRD merupakan bagian dari pemerintahan daerah sementara di sisi lain DPRD, harus mengawasi jalannya pemerintahan Sukiman juga berharap semangat untuk tetap bersinergi terutama dalam program pembangunan baik dari pusat, provinsi maupun aspirasi daerah.

“Mudah-mudahan semua tugas dan tanggung jawab dapat dijalankan dengan baik, sesuai harapan dan tuntutan rakyat dengan terciptanya rasa keadilan, ketentraman yang bermuara kepada peningkatan kesejahteraan dan kecerdasan masyarakat,” Ucapnya.
kpk-sigap Rohul / Das

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *