Dua Desa di Manggarai Timur, NTT, Dilanda Krisis Air Terparah

Manggarai Timur,KpkSigap.com
Sudah puluhan tahun tak ada akses air bersih masuk di dua desa ini yaitu Desa Golo Nimbung dan Desa Golo Lencur bagian timur Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten manggarai timur itu hidup dalam bayang-bayangan penderitaan akibat kesulitan air selama berpuluhan tahun.
Untuk memenuhi kebutuhan air, warga terpaksa harus berjalan kaki sejauh 3 KM. Sedangkan untuk anak kampung yang lain jarak ke sumber air sekitar 1 KM dengan medan yang cukup terjal.

Berdasarkan pengakuan Masyarakat setempat Olan, masyarakat dari dua desa ini terpaksa harus memikul jerigen ke sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan setiap hari.

Warga yang lain biasanya membawa jerigen-jerigen air dengan menyewa kendaraan roda dua dengan ongkos Rp. 25.000/12 jerigen air. Itu bagi warga yang mampu untuk menyewa kendaraan. Sedangkan warga yang lain terpaksa harus memikul dengan menggunakan tenaga manusia.

Mirisnya, saat pergi mandi warga terpaksa harus menelan pil pahit. Sebab, setiba di rumah pasti banyak keringat di badan karena menempuh perjalanan yang cukup jauh. Apalagi melewati medan yang cukup terjal.

Lanjutnya, Dulu memang pernah ada bantuan dari Bruder setempat untuk membuat sumur bor dengan kedalaman 27 meter, namun tidak berhasil karena tidak menemukan air, jelas Olan kepada awak media ini.

Masyarakat dari dua desa ini sangat berharap kepemerintah kabupaten manggarai timur bisa merespon keluhan dari dua Desa ini, agar masyarakat dari dua desa ini bisa merasakan air bersih seperti desa lain dikabupaten manggarai timur.

(KPK-SIGAP: Eventius Suparno)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *